Dirosah Arabia


Pada hari ahad, 2 Februari 2020, di sekolah ada kegiatan Dirosah arabia. Dirosah arabia adalah kegiatan belajar bahasa arab  yang dilakukan sehari di dalam kelas. Kemarin sabtu, kelas 1-2 yang mengikuti dirosah arabia. Hari ini, giliran kelas 3-8 yang ikut dirosah arabia. Kami disuruh datang pukul 08.00 wita dan memakai baju muslim ke sekolah. Kami juga disuruh membawa uang rp25.000 untuk berinfaq. Infaq itu dipakai membayar makan siang dan snack sore.

Saat saya sampai di sekolah, saya menyimpan tas dan disuruh duduk di karpet. murid  kelas  3-8 berkumpul di ruangan kelas 4 untuk belajar. Ada uztad baru yang mengajar bahasa arab, namanya Abdul Rahim, dipanggil uztad Rahim. Uztad Rahim mengajarkan kosa bahasa arab beserta artinya. Kadang-kadang ada permainan dan lagu. Ketika jam menunjukkan pukul 10.00 wita, saatnya kami makan snack.

Kami makan di luar ruangan. Setelah itu, kami disuruh mencuci  tangan. Tetapi, sesudah itu tidak langsung masuk ke dalam kelas. Kami mengantri dan menghafal lalu dites kosa kata yang sudah dipelajari oleh uztazah. Kami diperbolehkan masuk ke dalam kelas untuk mengambil buku dan melihat catatan yang sudah ditulis. Ketika semuanya sudah dites, kami pun mengucapkan doa sesudah makan. Lalu kami menyanyi bersama lagu bahasa arab yang sudah dituliskan di papan tulis. Semenjak sudah makan snack, kami juga bernyanyi dan menghafal kosa kata jari tangan.


Ketika waktu dhuhur telah tiba, para ikhwan berwudhu dan pergi ke masjid. Sementara akhwat sholat di dalam kelas. Setelah kami sholat, kami makan siang. Semua peserta dirosah arabia tidak diperbolehkan membawa bekal makan siang karena uang 25.000 yang sudah di infaq akan dipakai membayar catering dan snack sore.

Sesudah makan siang, kami dites oleh uztadzah kosa kata jari tangan beserta bahasa arabnya. Lalu kami baca doa setelah makan. Kemudian,  kami mengambil pensil warna untuk mewarnai kaligrafi.
Kelompokku (kelompok 1) terdiri dari 6 orang yaitu Naylah (IV), Nahda (IV), Nabilah(IV), Hikmah(V), Nayla (VII), dan Kahila (VIII). Saya, Nahda, dan Hikmah mewarnai mufrodat (kosa kata) stroberi. Nabilah, 

Nayla, dan Kahila mewarnai mufrodat anggur.
Beberapa menit kemudian, kami selesai mewarnai kaligrafi tersebut. Ketika semua sudah selesai mewarnai, uztadzah mengumumkan juara 1,2,3,4,5 dan 6.

Kelompok 1: juara 1
kelompok 2 :juara 2
kelompok 5 :juara 3
kelompok 4 :juara 4
kelompok 6 :juara 5, dan
kelompok 3 :juara 6

Kami semua berfoto dengan hadiah yang diperoleh bersama uztad Rahim. Setelah itu, kami dibagikan roti oleh uztazah. kami pun sholat ashar.
Karena Nabila sudah ada jemputan maka kami pun membuka hadiahnya. Kami mendapat 1 kotak beng-beng. Masing masing anggota kami mendapatkan 3 buah beng-beng. Lalu kami turun ke bawah dan berfoto di depan spanduk yang bertuliskan “DIROSAH ARABIA” Setelah itu, saya pun pulang ke rumah.

Hari ini menyenangkan. Sayang sekali hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun. Dalam kegiatan tersebut ada banyak hal yang lucu dan seru. Semoga yang membaca akan terhibur!!
 Selesai

Komentar