Super Camp SDIT Darul Quran di Ladoma

Super camp adalah suatu kegiatan berkemah yang dilakukan untuk melatih kemandirian kita. Saya dan teman-teman saya sudah bisa mengikuti super camp karena sudah kelas 4. Hanya kelas 4-smp yang boleh ikut super camp . Adek belum bisa ikut super camp karena masih kelas 1. Super camp diadakan pada tanggal 17 oktober 2019 – 19 oktober 2019. Yang membimbing kita di super camp adalah Kak pembina. Yang menjadi kak pembina adalah uztaz-uztazah yang mengajar di sekolah. Kebetulan yang menjadi kak pembina grup kami adalah uztazah Chipa dan uztazah Mia. Nama grup kami adalah Bunga Matahari. Nama untuk grup putri diberi nama bunga, kalau untuk putra adalah  nama-nama binatang. Nama-nama grup putri yang saya ketahui adalah Sakura dan Melati, kalau putra adalah Elang, Singa, Garuda 1, Garuda 2 dan Serigala. Tempat kami berkemah di Ladoma.

Persiapan

Sebelum pergi berkemah, kita semua disuruh pergi ke sekolah terlebih dahulu menggunakan pakaian pramuka lengkap. Saya diantar ke sekolah oleh om dan mamaku. Saat sampai di sekolah, semua barang-barang yang akan dibawa dinaikkan ke mobil pick up. Sementara kami akan naik di mobil angkot.  Sebelum naik  di mobil, kita disuruh berbaris dan disiapkan oleh ketua regu.

” Siap, gerak! Lancang depan, gerak! Tegap, gerak! Istirahat ditempat, gerak! Siap, gerak!”

Begitulah cara ketua regu mempersiapkan regunya. Kami pun naik ke mobil angkot.

Hari I

Saat sampai di Ladoma, kami masing-masing mengangkat barang yang dibawa. Barangnya akan ditaruh di tempat dimana kami akan membangun tenda. Kita semua membantu membangun tenda, termasuk saya. Setelah tenda besar jadi, sekarang kita akan membangun tenda kecil, tenda kecil akan  dijadikan tenda barang. Setelah semua tendanya jadi, kita semua disuruh berkumpul di lapangan untuk  upacara pembukaan super camp. Sesudah upacara, kami pun bersiap sholat dhuhur. Kami berwhudu di sungai yang berada di depan tenda.  Setelah sholat dhuhur, kami kembali ke tenda dan makan siang. Saya makan nasi kuning yang dibawa dari rumah.  Setelah makan siang, kami  tilawah. Karena aturannya adalah 1 hari membaca 1 juz. Saya membaca juz 30 , dari surah an-naba sampai surah an-nas. Lalu, kami sholat Ashar. Kami kali ini sholat di lapangan menggunakan terpal. Setelah itu, kami mandi sore di villa. Kemudian,  kami sholat maghrib. Tempatnya juga di lapangan. Kami pun makan malam. Kami makan  nasi dan ikan kaleng yang dimasak oleh uztazah. 

Setelah semua makan, kami pergi mencuci piring di sungai. Saya mengambil senter dan menyinari teman saya yang sedang mencuci piring. Setelah itu, kami sholat isya ditempat yang sama. Sebelum kami tidur, kami berlatih  yel-yel sebentar dan menyikat gigi dan cuci muka. Kami pun pergi tidur di tenda, tak lupa membaca doa. Good night!

Hari II

Saya sebenarnya hanya tidur sebentar. Saya dibangunkan jam 04.00 oleh kakak pembina untuk sholat tahajjud. Saya masih ngantuk sekali. Oleh karena itu saya berwudhu kemudian mengambil mushaf dan mukena lalu membawanya ke lapangan. Kami pun sholat tahajjud 10 raka’at. Sambil  menunggu waktu shubuh, kami di suruh membaca 1 juz lagi. Saya kali ini membaca juz 29, Al-mulk sampai surah Al-mursalat. 

Tibalah waktu sholat shubuh. Setelah sholat shubuh, kami kembali ke tenda masing-masing. Kami disuruh mengganti baju dengan pakaian training. Lalu kami pergi training. Setelah itu, kami mandi. lalu, kami sholat dhuhur. Kemudian kami makan siang dan makan snack. Sesudah itu, kami boleh bermain.  Lalu belajar memanah. Tak langsung memanah, tapi hanya menarik busurnya saja. Kemudian, kami sholat ashar. Setelah sholat ashar, saya  melanjutkan tilawah  dan duduk di batu yang berada di dekat sungai. Lelakinya yang sudah membaca tilawah, bermain di sungai sambil menangkap ikan kecil. Dan teman perempuan saya yang sudah membaca tilawah mengobrol di tenda dengan teman-teman yang lain. 

Waktu pun menjelang magrib. Saya berwudhu dan mengambil mukena, membawanya ke lapangan. Setelah sholat maghrib, kami kembali ke tenda dan makan malam. Makanannya adalah nasi, ikan teri kecap, dan sambel. Setelah itu, kami semua pergi mencuci piring sebagai mana regu lainnya. Setelah mencuci piring, kami kembali ke tenda. Lalu berlatih yel-yel karena sudah mau mulai acara penampilan yel-yel. 

Bapak dan mama agak lama datang menjenguk karena bapak masih dalm perjalanan pulang dari makassar. Bapak dan mama  pun datang. Mama membawakanku botol air minum 1 dan kue coklat. Acara penampilan yel-yel pun dibuka. Lalu, kemudian diundi siapa yang pertama yang menampilkan yel-yelnya. Kami mendapat urutan ke 3! Sambil menunggu  giliran kami, kami berlatih. Dan tibalah giliran kita. Kami pun  menampilkan yel-yel. Setelah acara penampilan selesai,  mama dan bapak bersiap-siap pulang. Mama bilang besok  jam 7 mama akan jemput karena mama mau ke Soppeng. Mama dan bapak pun pulang ke rumah. Saya pergi cuci muka dan sikat gigi kemudian tidur dengan teman di dalam tenda. Tentunya tak lupa baca doa. Hoamh....grook..grook

Hari III
Semua regu kembali dibangunkan jam 04.00 untuk sholat tahajjud. Kemudian baca tilawah dan sholat shubuh. Lalu disuruh ganti baju. Saya memakai baju merah dan celana merah. Dan pergi training. Setelah training, kami makan snack. Setelah itu, saya bermain di sungai sebentar. Dan datanglah mama, bapak , dan adek. Saya pun pulang. Bye-bye my friend!

Kesan-kesan saya selama super camp
Saya merasa senang bisa ikut super camp karena dilakukan di luar ruangan.

NAMA REGU:

Bunga matahari

ANGGOTA:
~Ghaida aquini
~Naylah mahmudah idris
~Nahda nur nailah
~Niswah zakiyah
~ Nur Nabilah
~Hikmah amaliah
~Nora halizah

KETUA REGU:
Ghaida aquini

PENAMPILAN:
Pramuka didadaku
Matahari nama reguku
Kuyakin hari ini pasti menang
Kuakan kalahkanmu
Bersama dengan reguku
Berdoa,berusaha semboyanku
Surah an-naba

Terima kasih


Makan bersama




berpetualang di sungai

kegiatan ini sangat seru!

kami disuruh berenang, Naura yang telentang di air

Quini sebagai ketua regu memberikan aba-aba

kami berjalan sambil menyerukan yel-yel

kami berdoa sebelum makan malam

bermain ular tangga

Komentar