Roti Pertamaku : Roti Isi Cokelat

Saya akan menceritakan kesan-kesan saya membuat roti pertama. 

Sebelumnya saya belum pernah membuat roti. Karena Mama belum punya oven. Sekarang Bapak sudah membelikan oven listrik merk Kirin. Itu adalah salah satu hadiah ulang tahun Mama. Selain oven, Bapak juga memberikan Mama alat pembakar ikan, dan panci presto.

Kembali ke cerita roti, saya mencari resepnya di YouTube dengan kata kunci "Roti untuk pemula". Setelah lama mencari yang paling mudah, akhirnya saya menemukan yang cocok untuk saya.

Saya mencatat resepnya di kertas supaya tidak bolak-balik melihat di HP. Saya mengerjakannya sendirian, mulai menyiapkan bahan, mencampur, menguleni, sampai memanggang. Mama tidak membantu saya karena Mama sedang sibuk.

Membuat roti itu menyenangkan tapi capek. Bagian menyenangnya pada saat mencampur bahan dan memberikan isian cokelat. Terus bagian capeknya saat memegang mixer dan membuat roti kalis. 

Adonan roti dikatakan kalis jika adonannya tidak mudah robek. Kalau sudah seperti itu, adonan bisa didiamkan 1 jam dan ditutup pakai kain atau plastik. 

Saya menunggu adonannya mengembang sambil cuci piring karena dapur sangat kotor, tepung terigu dimana-mana, banyak mangkok kotor. Saking banyaknya piring dan peralatan lain yang perlu dicuci, saya mengerjakannya selama 1 jam.

Sejam kemudian, saya membuka adonannya...wahhh adonannya mengembang!! saya senang sekali... sepertinya adonannya berhasil. Saya memasukkan cokelat yang sudah saya potong-potong. Dan dioleskan kuning telur supaya tidak pucat.

Selanjutnya saya tata dibaki yang sudah dioleskan mentega. Rotinya ditata berjauhan agar saat rotinya mengembang, tidak berdempetan. Itu saran dari Mama, tidak disebutkan dalam resep.

Sebelum dimasukkan ke dalam oven, ovennya dipanaskan dulu 10 menit. Saya lupa memanggangnya berapa lama. 

Setelah ovennya bunyi, rotinya dikeluarkan dari oven. Bapak, Mama, Tata Mia dan saya tidak sabar ingin mencoba rotinya. Ternyata rasanya sangat enak.  Adek sedang kesal saat itu, Adek tidak mau mencobanya.



Komentar